Kamis, 24 Maret 2011

Mengobati Rasa Gundah, Gelisah, dan Sedih Melalui Doa


Rasulullah SAW. Mengobati rasa gelisah dan sedih para sahabat-nya dengan dengan mengajarkan doa-doa tertentu. Dengan memanjatkan doa yang di ajarkan Rasulullah, mereka merasa bisa terlepas dari himpitan beban.
“Abdullah bin Mas’ud meriwayatkan bahwa Rasullah SAW. Bersabda, “setiap hamba yang di timpa kegelisahan dan kesedihan. Lalu ia berkata: Ya Allah aku sungguh hamba-Mu. Ubun-ubunku berada dalam kuasa-Mu. Ketentuan-Mu pada diriku teelah di tetapkan. Takdir-Mu yang di tetapkan pada diriku adalah adil. Aku memohon dengan setiap nama yang menjadi milik-Mu, nama yang Engkau pergunakan untuk menamai Dzat-Mu sendiri, yang Engkau ajarkan pada seseorang dari makhluk-Mu, yang Engkau turunkan Dari kitab suci-Mu, atau yang Engkau tetapkan di alam ghaib, agar Engkau menjadikan Al-qu’an sebagai penyejuk hatiku, cahaya dadaku, penawar bagi kesedihanku, dan pengusir kegelisahanku. Pasti Allah akan menghilangkan kegelisahan dan kesedihannya, serta akan menggantinya dengan jalan keluar.
Abu Bakar Ash-Shiddiq meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW. Bersabda, “do’a rasa gunda gulana adalah: ya Allah, rahmat-Mu yang aku harapkan. Maka, jangan kau kuasakan aku pada diriku sendiri, walau hanya sekejap. Dan perbaikilah seluruh ke adaanku. Tiada tuhan selain engkau.
Rasulullah slalu memperbanyak beristigfar. Dan beliau juga berwasiat kepada para sahabatnya agar banyak beristigfar. Karena beristigfar dapat bisa menghilangkan rasa gelisa, melapangkan rasa sempit dan bisa memudahkan datangnya rezeki. Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW. Bersabda, “barangsiapa senantiasa membaca istigfar maka Allah akan memberikan jalan keluar dari setiap kesempitannya, memberikan kelapangan dari kegelisahannya, dan memberi rizki dari arah yang tidak ia sangka.
Semua doa yang telah di sebutkan, begitu juga formula doa serupa yang di riwayatkan dalam kitab-kitab hadis, sesungguhnya mampu menghilangkan rasa gundah, gelisah dan sedih. Karena obat-obat tersebut mengandung obat ruhani yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit yang di derita manusia.
( Post by:The Ultimate Psikologi, Dr. Muhammad Usman Najati)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar